Home » Informasi » Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp (Valid)

Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp (Valid)

Posted on 08/06/2023 by ◦ Views: 418x ◦ Category: Informasi, SEO
Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp
Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp

JawaraNews.id, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan menggunakan WhatsApp, pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja mereka secara cepat dan efisien. Namun, terkadang pengguna mungkin ingin menghindari menerima pesan atau panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara agar nomor yang tidak dikenal tidak dapat mengirim pesan atau melakukan panggilan melalui WhatsApp.

Kenapa Anda Perlu Melindungi Nomor WhatsApp Anda

Sebelum kita membahas cara melindungi nomor WhatsApp dari penggunaan yang tidak sah, penting untuk memahami mengapa ini perlu dilakukan. Terdapat beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melindungi nomor WhatsApp Anda:

  1. Privasi: Menjaga privasi adalah hal yang penting dalam dunia digital saat ini. Dengan melindungi nomor WhatsApp Anda, Anda dapat membatasi akses orang-orang yang tidak Anda kenal atau yang mungkin ingin mengganggu Anda.

  2. Pencegahan Penipuan: Melindungi nomor WhatsApp Anda juga dapat membantu mencegah penipuan. Banyak penipu menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp untuk melakukan penipuan dan menghubungi orang-orang secara acak. Dengan melindungi nomor Anda, Anda dapat mengurangi risiko terkena penipuan tersebut.

  3. Kenyamanan: Tidak ingin menerima pesan atau panggilan dari nomor yang tidak dikenal juga merupakan masalah kenyamanan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami bahas dalam artikel ini, Anda dapat memiliki kendali lebih atas siapa yang dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp.

1. Membatasi Siapa yang Dapat Menghubungi Anda

Langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk melindungi nomor WhatsApp Anda adalah membatasi siapa yang dapat menghubungi Anda melalui aplikasi ini. WhatsApp menyediakan opsi untuk mengatur siapa saja yang dapat mengirim pesan kepada Anda.

Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Akun” dan kemudian “Privasi”.
  5. Di bawah bagian “Siapa yang bisa mengirim pesan kepada Anda?”, pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Anda dapat memilih antara tiga opsi: “Semua orang” yang memungkinkan semua pengguna WhatsApp mengirim pesan kepada Anda, “Kontak Saja” yang hanya memperbolehkan pengguna yang ada di daftar kontak Anda mengirim pesan, atau “Tidak Ada” yang mencegah siapa pun mengirim pesan kepada Anda kecuali Anda mengirimkan pesan terlebih dahulu.

Dengan membatasi siapa yang dapat mengirim pesan kepada Anda, Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke nomor WhatsApp Anda dan meminimalkan kemungkinan menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal.

2. Mengubah Pengaturan Privasi Profil Anda

Selain membatasi siapa yang dapat mengirim pesan kepada Anda, WhatsApp juga menyediakan pengaturan privasi tambahan yang dapat membantu melindungi nomor Anda. Salah satunya adalah pengaturan privasi profil.

Anda dapat mengubah pengaturan privasi profil Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Akun” dan kemudian “Privasi”.
  5. Di bawah bagian “Profil”, pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Anda dapat memilih antara tiga opsi: “Semua orang” yang memungkinkan semua pengguna WhatsApp melihat foto profil, “Kontak Saja” yang hanya memperbolehkan pengguna yang ada di daftar kontak Anda melihat foto profil, atau “Tidak Ada” yang menyembunyikan foto profil Anda dari semua pengguna WhatsApp.

Selain pengaturan foto profil, Anda juga dapat mengontrol siapa yang dapat melihat status, info terakhir kali terlihat, dan info tentang Anda melalui pengaturan privasi tambahan ini. Dengan mengubah pengaturan privasi profil Anda, Anda dapat meningkatkan perlindungan terhadap nomor WhatsApp Anda dari pengguna yang tidak dikenal.

3. Blokir Nomor yang Tidak Dikenal

Jika Anda telah mengambil langkah-langkah sebelumnya namun masih menerima pesan atau panggilan dari nomor yang tidak dikenal, Anda dapat mempertimbangkan untuk memblokir nomor tersebut. WhatsApp menyediakan fitur pemblokiran yang memungkinkan Anda untuk memblokir nomor yang mengganggu Anda.

Untuk memblokir nomor di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka percakapan dengan nomor yang ingin Anda blokir.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  3. Pilih “Blokir” dari menu yang muncul.
  4. Konfirmasikan pilihan Anda dengan menekan tombol “Blokir” lagi.

Setelah Anda memblokir nomor tersebut, mereka tidak akan dapat mengirim pesan atau melakukan panggilan kepada Anda melalui WhatsApp. Pesan-pesan yang mereka kirimkan tidak akan muncul di kotak masuk Anda, dan panggilan mereka akan ditolak secara otomatis.

4. Nonaktifkan Konfirmasi Baca

Konfirmasi baca adalah fitur WhatsApp yang memberi tanda centang biru kepada pengirim pesan ketika pesan tersebut telah dibaca oleh penerima. Meskipun fitur ini berguna dalam beberapa situasi, seperti dalam komunikasi bisnis, Anda mungkin ingin mematikannya untuk melindungi privasi Anda dari nomor yang tidak dikenal.

Untuk mematikan konfirmasi baca di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Akun” dan kemudian “Privasi”.
  5. Cari opsi “Konfirmasi Baca” dan matikan fitur ini.

Setelah Anda mematikan konfirmasi baca, pengirim pesan tidak akan tahu apakah pesan mereka telah dibaca atau tidak. Ini dapat membantu Anda menghindari situasi di mana nomor yang tidak dikenal terus memantau aktivitas Anda di WhatsApp.

5. Hati-hati dengan Tautan yang Dikirimkan

Selalu berhati-hati dengan tautan yang dikirimkan kepada Anda melalui WhatsApp, terutama jika tautan tersebut berasal dari nomor yang tidak dikenal. Tautan tersebut dapat mengarahkan Anda ke situs web berbahaya yang dapat mencuri informasi pribadi Anda atau menginstal perangkat lunak berbahaya di ponsel Anda.

Untuk melindungi diri Anda sendiri, jangan mengklik tautan yang mencurigakan atau tautan yang berasal dari sumber yang tidak Anda kenal. Jika Anda ragu, Anda dapat melakukan pencarian online untuk memverifikasi keaslian tautan tersebut sebelum mengkliknya. Selalu periksa apakah tautan tersebut mengarah ke situs web resmi atau aman sebelum memutuskan untuk mengunjunginya.

6. Laporkan Penyalahgunaan ke WhatsApp

WhatsApp memberikan pengguna kesempatan untuk melaporkan penyalahgunaan dan perilaku yang tidak diinginkan melalui fitur pelaporan yang disediakan. Jika Anda menerima pesan atau panggilan yang tidak diinginkan dari nomor yang tidak dikenal, Anda dapat melaporkannya ke WhatsApp.

Untuk melaporkan penyalahgunaan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka percakapan dengan nomor yang ingin Anda laporkan.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  3. Pilih “Laporkan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih alasan pelaporan yang sesuai dan ikuti petunjuk yang diberikan.

WhatsApp akan meninjau laporan Anda dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap nomor yang melanggar ketentuan penggunaan WhatsApp.

FAQs

1. Apakah WhatsApp memiliki fitur untuk memblokir nomor yang tidak dikenal?

  • Ya, WhatsApp menyediakan fitur pemblokiran yang memungkinkan pengguna untuk memblokir nomor yang tidak dikenal. Dengan memblokir nomor tersebut, pengguna tidak akan menerima pesan atau panggilan dari nomor tersebut.

2. Apakah saya dapat membatasi siapa saja yang dapat mengirim pesan kepada saya di WhatsApp?

  • Ya, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang dapat mengirim pesan kepada mereka. Anda dapat memilih opsi “Semua orang”, “Kontak Saja”, atau “Tidak Ada” di pengaturan privasi untuk mengatur preferensi Anda.

3. Apakah konfirmasi baca di WhatsApp dapat dimatikan?

  • Ya, pengguna dapat mematikan konfirmasi baca di WhatsApp. Dengan mematikan fitur ini, pengirim pesan tidak akan tahu apakah pesan mereka telah dibaca atau tidak oleh penerima.

4. Bagaimana cara melaporkan penyalahgunaan di WhatsApp?

  • Untuk melaporkan penyalahgunaan di WhatsApp, pengguna dapat membuka percakapan dengan nomor yang ingin dilaporkan, memilih opsi “Laporkan” dari menu, dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk melaporkan perilaku yang tidak diinginkan.

5. Apakah saya harus hati-hati dengan tautan yang dikirimkan melalui WhatsApp?

  • Ya, sangat penting untuk berhati-hati dengan tautan yang dikirimkan melalui WhatsApp, terutama jika tautan tersebut berasal dari nomor yang tidak dikenal. Tautan tersebut dapat mengarahkan Anda ke situs web berbahaya yang dapat membahayakan privasi dan keamanan Anda.

6. Apa manfaat melindungi nomor WhatsApp dari penggunaan yang tidak sah?

  • Melindungi nomor WhatsApp dari penggunaan yang tidak sah memiliki beberapa manfaat, antara lain menjaga privasi Anda, mencegah penipuan, dan meningkatkan kenyamanan Anda dalam menggunakan WhatsApp.

Kesimpulan 

Melindungi Nomor WhatsApp dari penggunaan yang tidak sah dan pesan yang tidak diinginkan merupakan langkah penting dalam menjaga privasi dan keamanan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membatasi akses nomor yang tidak dikenal dan mengendalikan siapa yang dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp. Selalu berhati-hati dengan tautan yang dikirimkan dan laporkan penyalahgunaan yang Anda alami. Dengan demikian, Anda dapat menjaga pengalaman menggunakan WhatsApp Anda tetap aman dan nyaman.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Jawara News:

Share to

Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp (Valid)

Other Articles

Toko Komputer dan Toko Laptop Di Magelang
10 Toko Komputer dan Laptop Terlengkap di Magelang | Beli Laptop & Komputer Terbaik
Posted on 12/03/2023 by

JawaraNews.id, Toko komputer dan laptop terlengkap di Magelang menjadi tempat belanja yang tepat bagi Anda yang ingin membeli perangkat komputer atau laptop. Dalam panduan ini, kami akan membahas meng...

Merk Cream Pemutih Wajah Yang Aman Untuk Ibu Menyusui
10 Merk Cream Pemutih Wajah Yang Aman Untuk Ibu Menyusui: Mencerahkan Kulit dengan Aman
Posted on 14/06/2023 by

JawaraNews.id, Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang 10 merk cream pemutih wajah yang aman untuk ibu menyusui. Sebagai seorang ibu yang baru melahirkan, Anda mungkin mengalami perubahan...

Merk Baja Ringan Yang Bagus dan Awet
10 Merk Baja Ringan Yang Bagus dan Awet: Pilihan Terbaik Untuk Konstruksi Anda
Posted on 14/05/2023 by

JawaraNews.id, Di dunia konstruksi modern, penggunaan baja ringan semakin populer karena keunggulannya yang unggul dalam hal kekuatan, ketahanan, dan keawetan. Apakah Anda sedang mencari Merek Baja Ri...

membuat NPWP secara online
CARA Mudah Buat NPWP Secara Online
Posted on 16/04/2023 by

JawaraNews.id, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas wajib pajak yang digunakan untuk keperluan administrasi perpajakan. NPWP ini dibutuhkan oleh setiap wajib pajak yang ingin melaksanak...

Comment (0)

There are currently no comments available

Paket Terpasang Clik >

Pasang Baja Ringan

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Cara Agar Nomor yang Tidak Dikenal Tidak Bisa WhatsApp (Valid)