Home » Informasi » Cara Screenshot di Laptop Windows 10: Mudah dan Cepat

Cara Screenshot di Laptop Windows 10: Mudah dan Cepat

Posted on 11/05/2023 by ◦ Views: 316x ◦ Category: Informasi, SEO
cara screenshot di laptop Windows 10
cara screenshot di laptop Windows 10

Apakah kamu sering membutuhkan tangkapan layar saat menggunakan laptop Windows 10? Jika iya, kamu mungkin pernah bingung dengan cara melakukan screenshot di laptop Windows 10. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian! Banyak pengguna laptop yang tidak tahu cara melakukan screenshot di laptop Windows 10. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot di laptop Windows 10 dengan mudah dan cepat.

Bagi banyak orang, melakukan screenshot atau tangkapan layar di laptop adalah hal yang penting dan berguna dalam beberapa situasi. Misalnya, kamu ingin memperlihatkan sesuatu kepada seseorang, atau kamu ingin menyimpan informasi yang tidak dapat kamu hapus. Terkadang, kamu juga membutuhkan screenshot sebagai bukti atau dokumentasi. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot di laptop Windows 10, dan kami akan membahas semuanya dengan detail.

Kenapa Harus Screenshot?

Sebelum masuk ke cara screenshot di laptop Windows 10, pertama-tama, mari kita bahas mengapa melakukan screenshot itu penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa screenshot penting:

1. Membuat Bukti

Screenshot dapat digunakan sebagai bukti atau dokumentasi. Misalnya, jika kamu membeli suatu produk secara online dan ada masalah dengan produk tersebut, kamu dapat melakukan screenshot dan menunjukkan bukti kepada penjual.

2. Menyimpan Informasi

Terkadang, kamu menemukan informasi penting di internet atau di laptopmu. Screenshot memungkinkan kamu untuk menyimpan informasi ini untuk digunakan nanti.

3. Membagikan Informasi

Kamu dapat menggunakan screenshot untuk membagikan informasi dengan orang lain. Misalnya, jika kamu menemukan gambar yang lucu atau menarik, kamu dapat mengirimkan screenshot kepada temanmu.

4. Membuat Tutorial

Jika kamu ingin membuat tutorial atau panduan, kamu dapat menggunakan screenshot sebagai gambar ilustrasi. Ini akan membuat tutorialmu lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Sekarang, mari kita lihat bagaimana melakukan screenshot di laptop Windows 10. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan tangkapan layar di laptop Windows 10. Kami akan membahas semuanya, sehingga kamu dapat memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

Metode pertama yang akan kami bahas adalah menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboardmu. Metode ini mudah dan cepat, namun tidak memberikan banyak opsi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan bahwa tampilan layarmu menunjukkan apa yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboardmu.
  3. Buka program pengolah gambar seperti Paint, dan klik Ctrl+V atau klik kanan dan pilih Paste.
  4. Simpan gambar dengan cara klik File > Save.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Metode kedua yang akan kami bahas adalah menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Metode ini juga mudah dan cepat, dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan bahwa tampilan layarmu menunjukkan apa yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan tombol Windows + Print Screen pada keyboardmu secara bersamaan.
  3. Gambar akan tersimpan secara otomatis pada folder Screenshots di dalam folder Pictures.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Metode ketiga yang akan kami bahas adalah menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Metode ini memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot pada jendela atau program tertentu saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan bahwa jendela atau program yang ingin kamu screenshot aktif.
  2. Tekan tombol Alt + Print Screen pada keyboardmu secara bersamaan.
  3. Buka program pengolah gambar seperti Paint, dan klik Ctrl+V atau klik kanan dan pilih Paste.
  4. Simpan gambar dengan cara klik File > Save.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Metode keempat yang akan kami bahas adalah menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Metode ini memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu dari layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboardmu secara bersamaan.
  2. Pilih area yang ingin kamu screenshot dengan menyeret kursor.
  3. Gambar akan tersimpan di clipboard, dan kamu dapat menggunakannya dengan cara paste di program pengolah gambar atau dokumen lainnya.

5. Menggunakan Snipping Tool

Metode kelima yang akan kami bahas adalah menggunakan Snipping Tool. Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu dari layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Snipping Tool melalui Start Menu atau Search Box.
  2. Pilih jenis screenshot yang ingin kamu ambil.
  3. Pilih area yang ingin kamu screenshot dengan menyeret kursor.
  4. Gambar akan muncul di jendela Snipping Tool, dan kamu dapat menyimpannya dengan cara klik File > Save As.

FAQ

1. Apa itu screenshot?

Screenshot adalah proses mengambil gambar dari tampilan layar pada perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, atau tablet.

2. Apa yang harus dilakukan jika tombol PrtScn tidak berfungsi?

Jika tombol PrtScn pada keyboardmu tidak berfungsi, cobalah menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtScn atau Snipping Tool.

3. Di mana screenshot tersimpan setelah diambil?

Jika kamu menggunakan metode kombinasi tombol Windows + Print Screen atau Windows + Shift + S, screenshot akan tersimpan di folder Screenshots di dalam folder Pictures. Jika kamu menggunakan Snipping Tool, kamu dapat menyimpan screenshot di lokasi yang kamu inginkan.

4. Apa kegunaan dari melakukan screenshot?

Screenshot dapat digunakan sebagai bukti atau dokumentasi, untuk menyimpan informasi, membagikan informasi, atau membuat tutorial.

5. Bagaimana cara mengedit screenshot setelah diambil?

Setelah mengambil screenshot, kamu dapat mengeditnya dengan menggunakan program pengolah gambar seperti Paint, Adobe Photoshop, atau GIMP. Dalam program ini, kamu dapat memotong gambar, menambahkan teks atau objek, atau melakukan perubahan lainnya sebelum menyimpan gambar.

6. Apa itu Snipping Tool?

Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu dari layar. Snipping Tool dapat diakses melalui Start Menu atau Search Box.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui cara screenshot di laptop Windows 10 dengan mudah dan cepat. Ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan, seperti menggunakan tombol Print Screen (PrtScn), tombol Windows + Print Screen, tombol Alt + Print Screen, tombol Windows + Shift + S, atau menggunakan Snipping Tool. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan melakukan screenshot, kamu dapat membuat bukti atau dokumentasi, menyimpan informasi, membagikan informasi, atau membuat tutorial. Setelah mengambil screenshot, kamu dapat mengeditnya dengan menggunakan program pengolah gambar seperti Paint, Adobe Photoshop, atau GIMP.

Semoga panduan lengkap tentang cara screenshot di laptop Windows 10 ini bermanfaat untukmu. Jangan ragu untuk mencoba setiap metode dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Jawara News:

10 Merk Blender Terbaik

Cara Aktivasi Windows 10

10 Merk Bubur Bayi Instan Terbaik

Cara Membuat Instagram

Share to

Cara Screenshot di Laptop Windows 10: Mudah dan Cepat

Other Articles

Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Lazada
Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Lazada: Bukan Tipu-Tipu!
Posted on 01/06/2023 by

JawaraNews.id, Bagi Anda yang sering berbelanja online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “ongkir”. Ini mengacu pada biaya pengiriman yang harus dibayar ketika membeli barang d...

Cara Merawat Anggrek Bulan
Cara Merawat Anggrek Bulan: Panduan Merawat Anggrek
Posted on 13/09/2023 by

JawaraNews.id, Cara Merawat Anggrek Bulan, atau Moon Orchids, adalah tanaman eksotis dan memikat yang telah memikat para tukang kebun dan kolektor selama berabad-abad. Dikenal dengan bunga-bunga anggu...

Biaya Bangun Rumah Per Meter
Biaya Bangun Rumah Per Meter: Panduan Lengkap
Posted on 09/09/2023 by

JawaraNews.id, Membangun rumah adalah impian banyak orang, dan memahami biaya per meter persegi (Biaya Bangun Rumah Per Meter) adalah langkah penting dalam mewujudkannya. Baik Anda calon pemilik rumah...

Cara Bagi Pulsa Telkomsel
Panduan Lengkap: Cara Bagi Pulsa Telkomsel
Posted on 12/10/2023 by

JawaraNews.id, Membagikan pulsa pada Telkomsel, salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia, bisa menjadi fitur yang sangat berguna. Entah Anda ingin membantu teman yang membutuhkan atau mengel...

Comment (0)

There are currently no comments available

Paket Terpasang Clik >

Pasang Baja Ringan

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Cara Screenshot di Laptop Windows 10: Mudah dan Cepat