Home » Informasi » Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo dengan Benar

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo dengan Benar

Posted on 15/07/2023 by ◦ Views: 208x ◦ Category: Informasi, SEO
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

JawaraNews.id, Dalam artikel ini, kita akan membahas cara yang tepat untuk menghapus aplikasi bawaan atau bloatware dari perangkat Oppo Anda. Smartphone Oppo dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan yang mungkin tidak berguna bagi semua orang. Menghapus aplikasi-aplikasi ini dapat membebaskan ruang penyimpanan dan mengoptimalkan kinerja perangkat Anda. Kami akan memandu Anda melalui proses ini langkah demi langkah, sehingga Anda dapat dengan aman dan efektif menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dari perangkat Oppo Anda.

Mengapa Menghapus Bloatware?

Bloatware merujuk pada aplikasi-aplikasi bawaan yang datang dengan perangkat Oppo Anda. Meskipun beberapa dari aplikasi ini mungkin berguna, banyak pengguna yang merasa aplikasi-aplikasi tersebut tidak perlu atau hanya tidak menggunakannya. Aplikasi-aplikasi ini memakan ruang penyimpanan yang berharga dan mungkin berjalan di latar belakang, mengonsumsi sumber daya sistem dan memengaruhi kinerja. Dengan menghapus bloatware, Anda dapat membersihkan perangkat Anda, meningkatkan kinerja, dan menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan untuk aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan secara aktif.

Risiko Menghapus Bloatware

Sebelum kita melanjutkan dengan proses penghapusan, penting untuk memahami risiko-risiko yang terlibat. Menghapus beberapa aplikasi sistem atau komponen penting dapat menyebabkan ketidakstabilan atau gangguan pada perangkat Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati dan menghindari menghapus aplikasi sistem yang kritis. Selalu disarankan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu terkait aplikasi yang ingin Anda hapus untuk memastikan bahwa proses penghapusan aman dilakukan.

Cara Menghapus Bloatware pada Oppo

Sekarang, mari kita masuk ke dalam proses langkah demi langkah menghapus bloatware dari perangkat Oppo Anda.

Langkah 1: Identifikasi Aplikasi yang Akan Dihapus

Langkah pertama adalah mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang ingin Anda hapus. Ambil waktu sejenak untuk melihat daftar aplikasi bawaan pada perangkat Oppo Anda dan buatlah daftar aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan atau gunakan.

Langkah 2: Nonaktifkan Aplikasi

Daripada menghapus sepenuhnya aplikasi, Anda dapat memulai dengan menonaktifkannya. Menonaktifkan aplikasi akan mencegah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan mengonsumsi sumber daya sistem. Untuk menonaktifkan aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Oppo Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk “Aplikasi & Pemberitahuan.”
  3. Pilih “Info Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi” (penamaan yang tepat dapat berbeda tergantung pada perangkat Anda).
  4. Temukan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan ketuk aplikasi tersebut.
  5. Ketuk tombol “Nonaktifkan.”

Menonaktifkan aplikasi adalah pendekatan yang lebih aman karena Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya kembali jika diperlukan. Ini juga cara yang baik untuk menguji apakah ketiadaan aplikasi tersebut mempengaruhi fungsionalitas perangkat Anda.

Langkah 3: Uninstall Aplikasi

Jika menonaktifkan aplikasi tidak cukup dan Anda ingin menghapusnya sepenuhnya dari perangkat Anda, Anda dapat melanjutkan dengan proses uninstall. Untuk menghapus aplikasi bawaan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Oppo Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk “Aplikasi & Pemberitahuan.”
  3. Pilih “Info Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi.”
  4. Temukan aplikasi yang ingin Anda uninstall dan ketuk aplikasi tersebut.
  5. Ketuk tombol “Uninstall.”

Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat menghapus aplikasi pihak ketiga. Aplikasi sistem atau komponen penting mungkin tidak memiliki opsi uninstall.

Langkah 4: Gunakan Perintah ADB (Pemula)

Bagi pengguna yang lebih mahir, metode alternatif untuk menghapus bloatware adalah dengan menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge). Metode ini melibatkan menghubungkan perangkat Oppo Anda ke komputer dan menggunakan perintah tertentu untuk menghapus aplikasi yang diinginkan. Ini adalah proses yang lebih kompleks dan harus dihadapi dengan hati-hati. Kami merekomendasikan untuk melakukan penelitian dan mengikuti panduan terperinci agar Anda dapat menjalankan perintah dengan benar.

Pertanyaan Umum (FAQs)

1. Bagaimana cara menentukan apakah suatu aplikasi adalah bloatware?

Menentukan apakah suatu aplikasi adalah bloatware atau tidak dapat bersifat subjektif, karena hal tersebut tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi Anda. Namun, Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Apakah aplikasi tersebut sudah terpasang secara default di perangkat Anda?
  • Apakah Anda menggunakan aplikasi tersebut dengan frekuensi tinggi?
  • Apakah aplikasi tersebut mengonsumsi banyak ruang penyimpanan atau sumber daya sistem?
  • Apakah aplikasi tersebut dapat dengan mudah dinonaktifkan atau dihapus tanpa mempengaruhi fungsionalitas perangkat Anda?

Mempertimbangkan faktor-faktor ini dapat membantu Anda mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang mungkin dikategorikan sebagai bloatware.

2. Apakah saya dapat menginstal ulang aplikasi yang dinonaktifkan atau dihapus?

Ya, Anda dapat menginstal ulang aplikasi yang dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti ketika Anda menonaktifkan aplikasi tersebut. Sedangkan untuk aplikasi yang dihapus, Anda dapat menginstalnya kembali melalui Google Play Store atau toko aplikasi terpercaya lainnya.

3. Apakah menghapus bloatware akan membatalkan garansi?

Tidak, menghapus bloatware dari perangkat Oppo Anda tidak akan membatalkan garansi Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa kerusakan yang disebabkan oleh penghapusan aplikasi sistem atau komponen penting mungkin tidak dicakup oleh garansi. Harap berhati-hati dan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasi apa pun.

4. Apa manfaat menghapus bloatware?

Menghapus bloatware memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Penambahan ruang penyimpanan untuk aplikasi dan media yang Anda pilih.
  • Peningkatan kinerja dan kecepatan perangkat.
  • Pengurangan proses latar belakang dan konsumsi sumber daya sistem.
  • Tampilan aplikasi yang lebih bersih dan terorganisir.

5. Apakah saya dapat menghapus aplikasi sistem?

Meskipun memungkinkan untuk menghapus beberapa aplikasi sistem menggunakan perintah ADB, secara umum tidak disarankan kecuali jika Anda adalah pengguna yang mahir. Menghapus aplikasi sistem yang penting dapat menyebabkan ketidakstabilan dan gangguan pada perangkat Anda. Lebih baik hanya menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang tidak penting untuk memastikan stabilitas perangkat Oppo Anda.

6. Apakah ada metode alternatif untuk menghapus bloatware?

Ya, ada metode alternatif untuk menghapus bloatware, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menghapus bloatware. Aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan antarmuka yang lebih user-friendly dan menyederhanakan proses penghapusan. Namun, berhati-hatilah saat memberikan izin kepada aplikasi semacam itu dan pastikan aplikasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.

Kesimpulan

Menghapus bloatware dari perangkat Oppo Anda dapat mengoptimalkan kinerjanya dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih personal. Dengan mengikuti langkah-langkah Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat dengan aman menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan. Ingatlah untuk berhati-hati saat menghapus aplikasi sistem dan selalu lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Nikmati perangkat Oppo yang lebih bersih dan efisien sesuai dengan preferensi Anda.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Jawara News:

Share to

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo dengan Benar

Other Articles

Cara Transfer Neo ke ShopeePay
Mengungkap Rahasia Cara Transfer Neo ke ShopeePay: Panduan Cepat dan Praktis!
Posted on 23/01/2024 by

JawaraNews.id, Dalam era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan cara transfer Neo ke ShopeePay menjadi semakin penting. Proses transfer ini tidak hanya membutuhkan kecepatan, tetapi juga keakur...

Cara Buat Akun Gmail Baru
Panduan Lengkap: Cara Buat Akun Gmail Baru Lebih Mudah, Akun Dijamin Aman
Posted on 27/09/2023 by

JawaraNews.id, Di era digital saat ini, memiliki akun email adalah hal yang sangat penting untuk berkomunikasi, mengakses layanan online, dan banyak lagi. Salah satu platform email yang paling populer...

Merk Shampo untuk Rambut Rontok
10 Merk Shampo untuk Rambut Rontok Paling Bagus: Menjaga Kesehatan Rambut Anda
Posted on 19/07/2023 by

JawaraNews.id, Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Rambut yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang, tetapi berbagai faktor seperti stres, perubahan hormon, ga...

Harga Rolling Door Garasi Mobil
Harga Rolling Door Garasi Mobil: Kualitas dan Harga yang Terjangkau
Posted on 07/05/2023 by

JawaraNews.id, Jika Anda ingin membeli rolling door untuk garasi mobil Anda, tentunya Anda menginginkan produk dengan kualitas yang baik namun juga dengan harga yang terjangkau. Harga Rolling Door Ga...

Comment (0)

There are currently no comments available

Paket Terpasang Clik >

Pasang Baja Ringan

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo dengan Benar