Home » Informasi » Bagaimana Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus (7 Metode): Menyelamatkan Pesan yang Hilang!

Bagaimana Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus (7 Metode): Menyelamatkan Pesan yang Hilang!

Posted on 19/06/2023 by ◦ Views: 211x ◦ Category: Informasi, SEO
Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus

JawaraNews.id, WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi terpopuler di dunia saat ini. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, aplikasi ini telah mengubah cara kita berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, terkadang kita bisa kehilangan pesan penting yang tersimpan di dalam WhatsApp kita. Jika Anda pernah mengalami kejadian ini, jangan khawatir! Artikel ini akan membantu Anda menemukan cara mengembalikan WhatsApp yang terhapus dengan mudah dan efektif. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan tujuh metode yang berbeda untuk menyelamatkan pesan yang hilang.

Bagaimana Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus (7 Metode)

1. Metode Menggunakan Backup Otomatis

Salah satu cara paling sederhana untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus adalah dengan menggunakan fitur backup otomatis. WhatsApp menyediakan opsi untuk mengatur cadangan secara otomatis pada interval waktu tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan pesan yang hilang dengan menginstal ulang WhatsApp dan mengembalikan dari cadangan terbaru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Uninstall WhatsApp dari ponsel Anda.
  2. Instal kembali WhatsApp dari toko aplikasi (Play Store atau App Store).
  3. Setelah proses instalasi selesai, buka WhatsApp dan ikuti petunjuk untuk memulihkan pesan dari cadangan terbaru.

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil selama proses ini. Selain itu, perhatikan bahwa metode ini hanya akan mengembalikan pesan yang terhapus sejak terakhir kali Anda membuat cadangan.

2. Metode Menggunakan Cadangan Lokal

Jika Anda tidak menggunakan fitur backup otomatis di WhatsApp, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan pesan yang hilang dengan menggunakan cadangan lokal. Cadangan lokal disimpan di memori internal ponsel Anda dan dapat diakses melalui aplikasi File Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi File Manager di ponsel Anda.
  2. Cari folder “WhatsApp” di memori internal.
  3. Di dalam folder “WhatsApp”, cari folder bernama “Databases”.
  4. Di dalam folder “Databases”, Anda akan menemukan file dengan nama “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”.
  5. Pindahkan file ini ke folder lain di memori internal atau salin ke perangkat lain.
  6. Uninstall WhatsApp dari ponsel Anda.
  7. Instal kembali WhatsApp dan ikuti petunjuk untuk mengembalikan pesan dari cadangan lokal.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memulihkan pesan yang hilang dengan mengembalikan file cadangan ke folder “Databases” setelah menginstal ulang WhatsApp.

3. Metode Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda tidak memiliki cadangan yang tersedia, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan data yang terhapus dari ponsel Android atau iPhone. Beberapa aplikasi populer termasuk Dr.Fone, DiskDigger, dan EaseUS MobiSaver. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi pemulihan data yang dipilih dari toko aplikasi resmi.
  2. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan.
  3. Pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan (pesan, lampiran, foto, dll.).
  4. Biarkan aplikasi melakukan pemindaian ponsel Anda untuk mencari data yang hilang.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, pilih pesan yang ingin Anda pulihkan dan ikuti instruksi aplikasi untuk mengembalikannya.

Pastikan Anda memilih aplikasi pemulihan data yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum mengunduh dan menginstalnya.

4. Metode Menggunakan WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan Anda menggunakan WhatsApp melalui peramban web di komputer atau laptop. Metode ini dapat membantu Anda mengakses pesan yang hilang jika ponsel Anda tidak tersedia atau rusak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka peramban web di komputer atau laptop Anda.
  2. Kunjungi situs resmi WhatsApp Web di alamat web.whatsapp.com.
  3. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  4. Di aplikasi WhatsApp, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih opsi “WhatsApp Web”.
  5. Pindai kode QR yang muncul di peramban web menggunakan kamera ponsel Anda.
  6. Setelah pemindaian berhasil, Anda dapat menggunakan WhatsApp melalui peramban web.
  7. Cari pesan yang hilang dan salin atau kirim kembali ke ponsel Anda.

Metode ini membutuhkan koneksi internet yang stabil di ponsel Anda dan komputer atau laptop Anda. Selain itu, pastikan untuk tidak meninggalkan peramban web terbuka di komputer umum untuk menjaga privasi Anda.

5. Metode Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan WhatsApp atau aplikasi pemulihan data, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus. Aplikasi ini sering memiliki fitur tambahan dan kemampuan pemulihan yang lebih luas daripada metode lainnya. Beberapa aplikasi populer termasuk Tenorshare UltData, iMobie PhoneRescue, dan Wondershare dr.fone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi pemulihan pesan WhatsApp yang terhapus dari toko aplikasi resmi.
  2. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan.
  3. Pilih opsi pemulihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda (pemulihan pesan WhatsApp, lampiran, foto, dll.).
  4. Biarkan aplikasi melakukan pemindaian ponsel Anda untuk mencari data yang hilang.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, pilih pesan yang ingin Anda pulihkan dan ikuti instruksi aplikasi untuk mengembalikannya.

Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum mengunduh dan menginstalnya.

6. Metode Menghubungi Dukungan WhatsApp

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan pesan WhatsApp yang hilang, Anda dapat menghubungi dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. WhatsApp memiliki tim dukungan yang siap membantu pengguna dalam situasi seperti ini. Anda dapat menghubungi mereka melalui fitur “Bantuan” di dalam aplikasi atau melalui situs web resmi WhatsApp. Sampaikan masalah Anda dengan jelas dan sertakan detail yang diperlukan, seperti nomor telepon Anda, model ponsel, dan langkah-langkah yang telah Anda coba.

7. Metode Pemulihan Melalui Penyedia Layanan

Terakhir, jika Anda memiliki langganan penyedia layanan telepon seluler yang mencakup penyimpanan dan sinkronisasi data, Anda dapat mencoba menghubungi penyedia layanan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang hilang. Beberapa penyedia layanan menawarkan fitur penyimpanan cloud yang dapat memulihkan data yang terhapus. Hubungi penyedia layanan Anda dan tanyakan apakah mereka menyediakan opsi pemulihan data WhatsApp.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah semua metode di atas dapat mengembalikan semua pesan yang terhapus?

Tidak, tidak semua metode dapat mengembalikan semua pesan yang terhapus. Metode backup otomatis dan cadangan lokal hanya dapat mengembalikan pesan yang terhapus sejak terakhir kali Anda membuat cadangan. Metode pemulihan data dan aplikasi pihak ketiga dapat memberikan hasil yang lebih luas, tetapi tidak selalu berhasil memulihkan semua pesan yang hilang. Jika pesan Anda sangat penting, disarankan untuk mencoba beberapa metode secara berurutan.

2. Apakah menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga aman?

Secara umum, menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga aman jika Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan terkenal. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga selalu melibatkan risiko keamanan dan privasi. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna, memeriksa perizinan aplikasi, dan mengunduh dari toko aplikasi resmi untuk mengurangi risiko tersebut.

3. Apakah proses pemulihan data akan mengembalikan pesan yang terhapus secara permanen?

Tidak, proses pemulihan data tidak akan mengembalikan pesan yang terhapus secara permanen ke ponsel Anda. Pesan yang hilang akan dikembalikan ke dalam aplikasi WhatsApp atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk memulihkan data. Namun, perlu diingat bahwa ada kemungkinan pesan yang terhapus secara permanen jika telah melewati batas waktu tertentu atau terhapus dari cadangan yang tersedia.

4. Berapa lama proses pemulihan data biasanya memakan waktu?

Lama proses pemulihan data dapat bervariasi tergantung pada metode yang Anda gunakan dan jumlah data yang harus dipulihkan. Metode backup otomatis dan cadangan lokal biasanya membutuhkan waktu singkat, sedangkan pemulihan data melalui aplikasi pihak ketiga atau dukungan WhatsApp mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup dan koneksi internet yang stabil saat melakukan proses pemulihan.

5. Apakah ada cara untuk mencegah kehilangan pesan WhatsApp di masa depan?

Ya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kehilangan pesan WhatsApp di masa depan. Pertama, pastikan Anda mengaktifkan fitur backup otomatis di dalam aplikasi WhatsApp. Ini akan membuat cadangan rutin dari pesan Anda dan memudahkan pemulihan jika terjadi kehilangan data. Selain itu, hindari menghapus pesan secara tidak sengaja dan pastikan untuk memeriksa sebelum menghapus pesan yang tidak diperlukan.

Kesimpulan

Kehilangan pesan WhatsApp yang penting bisa menjadi pengalaman yang mengecewakan, tetapi dengan tujuh metode Cara Mengembalikan WhatsApp Yang Terhapus yang telah kami bahas di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikannya. Mulai dari fitur backup otomatis hingga aplikasi pemulihan data pihak ketiga, setiap metode memiliki kelebihan dan keterbatasan sendiri. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan situasi Anda dan ikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Jika semua usaha gagal, jangan ragu untuk menghubungi dukungan WhatsApp atau penyedia layanan Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga Anda berhasil mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus!

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Jawara News:

Share to

Bagaimana Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus (7 Metode): Menyelamatkan Pesan yang Hilang!

Other Articles

Cara Mendapatkan Robux Gratis
Cara Mendapatkan Robux Gratis: Terbukti Langsung Masuk Akun!
Posted on 31/05/2023 by

JawaraNews.id, Robux adalah mata uang virtual yang digunakan dalam platform game online populer bernama Roblox. Mata uang ini memungkinkan pemain untuk membeli berbagai item dalam permainan, aksesori,...

Cara Memperkuat Sinyal HP Vivo Y12
Meningkatkan Kekuatan Sinyal: Cara Memperkuat Sinyal HP Vivo Y12
Posted on 04/10/2023 by

JawaraNews.id, Di dunia yang serba cepat seperti sekarang, tetap terhubung adalah hal yang penting, dan sinyal seluler yang lemah bisa membuat frustrasi. Jika Anda memiliki Vivo Y12 dan ingin meningka...

Merk Granit Terbaik
10 Merk Granit Terbaik di Indonesia: Pilihan Terbaik untuk Rumah Anda
Posted on 08/06/2023 by

JawaraNews.id, Apakah Anda sedang merenovasi rumah dan mencari pilihan lantai yang tahan lama, indah, dan berkualitas tinggi? Granit adalah salah satu bahan lantai yang sangat populer di Indonesia. De...

Cara Cek Penggunaan Data IndiHome
Cara Cek Penggunaan Data IndiHome, Wajib Tahu!
Posted on 01/12/2023 by

JawaraNews.id, IndiHome, sebagai penyedia layanan internet terkemuka di Indonesia, telah menjadi satu-satunya pintu bagi banyak rumah tangga menuju dunia digital yang semakin terhubung. Dalam era di m...

Comment (0)

There are currently no comments available

Paket Terpasang Clik >

Pasang Baja Ringan

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Bagaimana Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus (7 Metode): Menyelamatkan Pesan yang Hilang!