Home » Pariwisata » Candi Borobudur Terbesar Di Indonesia

Candi Borobudur Terbesar Di Indonesia

Posted on 30/08/2023 by ◦ Views: 157x ◦ Category: Pariwisata
Candi Borobudur
Candi Borobudur

JawaraNews.id, Candi Borobudur memang sudah dikenal luas oleh banyak orang. Setiap orang hampir pasti pernah menyaksikan keagungan candi terbesar Indonesia ini. Namun, terdapat satu aspek unik dari candi ini yang belum tentu dirasakan oleh para pelancong yang mengunjungi Borobudur, yaitu suasana di pagi hari. Suasana ini sangat berbeda dengan saat candi dibuka pada jam siang.

Saat pagi hari, udara di sekitar Candi Borobudur terasa sejuk dan memberikan nuansa pedesaan yang indah. Kompleks peninggalan Wangsa Syailendra ini sudah dibuka sejak pukul enam pagi. Meskipun begitu, jangan ragu untuk naik ke pelataran candi yang paling tinggi. Dari antara stupa-stupa Buddha, Anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dengan latar belakang pedesaan yang terbungkus kabut pagi. Bagi yang ingin merasakan pengalaman unik dalam mengunjungi Borobudur, Anda dapat menginap di hotel yang menawarkan paket kunjungan pagi. Selain itu, tersedia juga jasa perjalanan wisata yang menyediakan pengalaman serupa.

Bahkan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, ketika mengunjungi Indonesia, menyempatkan waktu khusus di pagi hari untuk mengunjungi Candi Borobudur. Seperti pengunjung lainnya, Zuckerberg juga mengambil selfi dengan latar belakang deretan stupa dan matahari terbit. Jadi, jangan khawatir, di pagi hari ketika Anda berada di pelataran Candi Borobudur, Anda akan menemukan banyak spot indah untuk berfoto.

Cara Menuju Candi Borobudur juga cukup beragam:

  1. Jalur Udara: Jika Anda berasal dari berbagai kota, Anda dapat memilih penerbangan menuju Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta. Jika jadwal penerbangan penuh, alternatif lainnya adalah melalui Bandara Adi Soemarmo di Solo.

  2. Jalur Darat: Bagi yang memilih jalur darat, biasanya akan melalui Kota Yogyakarta sebagai tempat transit. Rute yang dapat dipilih melalui Sleman-Tempel-Salam-Muntilan sampai ke Mendut. Jika menggunakan kereta api, stasiun Tugu di Yogyakarta adalah tujuan akhir. Dari sana, Anda dapat melanjutkan dengan kendaraan umum menuju Terminal Bis Giwangan, kemudian naik bus jurusan Borobudur.

Beberapa tips yang bisa diperhatikan:

  1. Waktu Terbaik: Meskipun Candi Borobudur indah untuk dikunjungi kapan saja, bulan Juni, Juli, dan Agustus dianggap waktu terbaik. Karena pada bulan-bulan tersebut udara cenderung cerah. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keunikan Borobudur menjelang matahari terbit.

  2. Peralatan yang Tepat: Kepuasan dalam menikmati Candi Borobudur tercapai saat kita berhasil mencapai teras paling atas. Agar sampai di sana dengan nyaman, disarankan untuk menggunakan alas kaki yang sesuai, seperti sepatu kets daripada sepatu hak tinggi.

  3. Makna Relief: Relief-relief di Candi Borobudur memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jika meminta pemandu wisata untuk menjelaskan makna dari relief-relief ini, Anda akan mendapatkan kepuasan lebih dalam mengenal cerita yang terkandung di dalamnya.

Mari kita bersama-sama mengunjungi keajaiban warisan budaya Indonesia, Candi Borobudur! Dengan kemegahan arsitektur dan keragaman relief yang menghiasi dindingnya, candi ini memukau jutaan mata setiap tahun. Ayo nikmati pesona matahari terbit yang memukau dari puncak candi, saksikan keindahan lanskap Magelang dari ketinggian, dan merasakan kedamaian spiritual yang terpancar dari setiap sudutnya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi detail-detail menakjubkan dari relief cerita Buddha yang penuh makna, serta menikmati atmosfer tenang di sekitar kompleks candi. Mari rasakan sejarah dan kebesaran masa lampau melalui langkah-langkah kita di setiap lorong candi. Ajak teman dan keluarga untuk bergabung dalam petualangan budaya yang tak terlupakan ini.

Mari bersama kita lestarikan dan menghargai keindahan warisan nenek moyang kita. Dengan mengunjungi Candi Borobudur, kita turut berkontribusi dalam menjaga kekayaan budaya Indonesia agar tetap bersinar di mata dunia. Ayo, jadikan waktu berharga ini sebagai momen untuk terhubung dengan sejarah, alam, dan diri kita sendiri di tengah gemerlapnya Candi Borobudur.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Jawara News:

 

Share to

Candi Borobudur Terbesar Di Indonesia

Other Articles

Merk Shampo untuk Rambut Rontok
10 Merk Shampo untuk Rambut Rontok Paling Bagus: Menjaga Kesehatan Rambut Anda
Posted on 19/07/2023 by

JawaraNews.id, Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Rambut yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang, tetapi berbagai faktor seperti stres, perubahan hormon, ga...

Cara Bekerja di UNICEF
Cara Bekerja di UNICEF, Sejarah dan Tujuan Organisasi
Posted on 06/10/2023 by

JawaraNews.id, Selamat datang di dunia UNICEF, di mana dedikasi bertemu dengan belas kasihan. Dalam artikel komprehensif ini, kita akan mendalami dunia menarik bekerja di UNICEF, menjelajahi sejarah y...

Cara Update Windows 11 Versi 22H2
Panduan Lengkap: Cara Update Windows 11 Versi 22H2, Gratis dan Mudah
Posted on 05/10/2023 by

JawaraNews.id, Mengupdate sistem operasi Anda adalah langkah penting untuk memastikan komputer Anda berjalan lancar dan aman. Windows 11 Versi 22H2 membawa fitur-fitur baru yang menarik dan perbaikan....

Biaya Bikin ATM Mandiri
Mengungkap Rahasia Biaya Bikin ATM Mandiri
Posted on 08/09/2023 by

JawaraNews.id, Di dunia yang serba cepat saat ini, kenyamanan adalah hal yang sangat penting, terutama ketika kita mengelola keuangan kita. Salah satu bentuk kenyamanan tersebut adalah memiliki kartu ...

Comment (0)

There are currently no comments available

Paket Terpasang Clik >

Pasang Baja Ringan

Your email address will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

*

*

Candi Borobudur Terbesar Di Indonesia