Tanpa Intervensi, WH Lantik 6 Pejabat Tinggi Setelah Mendapat Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

0
324
Jawara News- WH Lantik 6 Pejabat Tinggi

Jawara News – Selang beberapa hari setelah mendapatkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif atas apresiasinya di bidang Tata Kelola Pemerintahan, Gubernur Banten H. Wahidin Halim Senin (3/9) kembali menunjukkan “geliat”nya, khususnya di bidang reformasi birokrasi, setelah beberapa waktu yang lalu me non job kan beberapa Kepala Dinas, kali ini melakukan pelantikan mendadak Pejabat Tinggi Pratama setingkat Ess II.

Wahidin Halim yang kerap dipanggil WH terkenal sangat giat dalam menerapkan good governance di Prov Banten. Ada yang menarik dari pelantikan pejabat di lingkungan Provinsi Banten ini, karena dilaksanakan pada saat Apel Pagi yang biasa di gelar setiap awal bulan di lapangan apel Sekretariat Daerah, KP3B, Serang Banten.

Selain itu pejabat yang dilantik rata-rata mendapatkan informasi pelantikannya secara mendadak dan yang paling menarik adalah pelantikan di lapangan saat Apel Pagi ini merupakan hal pertama kalinya dilaksanakan di lingkup Prov Banten. Banyak peserta apel yang bertanya-tanya karena pemandangan yang tidak seperti biasanya, ada meja di depan podium Pembina Apel.

Bersamaan dengan para ASN masih mempertanyakan meja untuk apa, di pengeras suara telah disebutkan nama nama pejabat untuk maju ke depan. Dan seterusnya diambil Sumpah Jabatan sekaligus dilaksanakan Pelantikan. Walaupun Pejabat Esselon II tersebut adalah pejabat yang telah mengikuti proses open bidding atau lelang jabatan, namun belum diketahui siapa yang akan dilantik.

“Tidak ada intervensi terkait siapa dan darimana pejabat yang akan dilantik. Pejabat yang dilantik harus selalu siap, kapan dilantik, kapan dipindahkan. kalau perlu hari ini mulai bekerja, mulai lakukakan koordinasi, dan tetap bersikap profesional dan jangan korupsi”, ujar Gubernur Banten dalam sambutan sesaat setelah pelantikan.

“Jadikan kerja itu ibadah dan kalau ternyata dalam 6 bulan tidak ada perubahan, bisa saya nonjobkan lagi,” tegas WH.

Apel Pagi yang dibarengi pelantikan memang sudah menjadi ciri khas kepemimpinan WH, sejak ia menjadi Walikota. Tanpa informasi dan tanpa pemberitahuan sebelumnya, kadang peserta Apel Pagi langsung di panggil ke depan dan dilantik atau dimutasikan, dalam pandangannya ASN itu harus siap kerja dan ditempatkan dimana saja, karena warga masyarakat tidak peduli siapa pejabatnya, yang penting dapat terlayani dengan baik.

Selanjutnya dikatakan, jika pelantikan pejabat bisa dimana saja, di lapangan apel, di ruang rapat atau pun di tempat apa saja. Dan ini berlaku untuk semua, baik pejabat Essl II, III ataupun IV. Itu sebabnya Gubernur mengingatkan kepada seluruh ASN Prov Banten agar tetap menjaga disiplin dan meningkatkan kinerjanya, profesional, dan harus siap bersaing, karena dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengah baik. “Terus kerja dengan baik. Karena kerja itu ibadah”. tegas Gub Banten.

“Pelantikan seperti ini simpel dan tidak usah ribet, apalagi harus pake jas segala. Yang penting kan kerja nya, nanti kalau sudah pulang ke rumah baru kasih tau istrinya kalau hari ini sudah dilantik sama Gubernur,” selorohnya.

Pejabat yang dilantik pagi tadi yaitu, Ino S. Rawita – Penjabat Sekda, Muhtarom – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Tri Nurtopo – Kepala Dinas Perhubungan, Tabrani – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Beni Ismail – Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP) dan Ahmad Syaukani – Kepala Biro Umum Provinsi Banten.