Pemprov Banten Tingkatkan Peran Institusi Perempuan

0
86
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama Menteri PPPA Yohanna Yambise

Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen terus tingkatkan peran institusi perempuan dalam pembangunan. Komitmen itu mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak dengan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) hingga enam kali.

Pada tahun 2008 hingga 2012, Pemprov Banten meraih APE dari Kementerian PPPA limakali berturut. Pada tahun 2018, Pemprov Banten kembali meraih penghargaan yang merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 10 tahun 2005 tentang Pengarustamaan Gender dalam Pembangunan Daerah dan Peraturan Gubernur Banten Nomor Nomor 80 Tahun 2014 tentang Percepatan Pengarustamaan Gender Melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender di Provinsi Banten menjadi landasan Pemprov Banten dalam penguatan peran institusi perempuan.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten telah menerima penghargaan berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebanyak 6 kali. Hal ini menjadi bukti bahwa program-program pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Banten, memang dilakukan dengan berpedoman pada strategi pengarusutamaan gender.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan peran-peran institusional perempuan dalam sektor publik khususnya melalui perencanaan pembangunan responsif gender,” kata Wagub Banten dalam Pembukaan Rakornas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2019 di ICE BSD Tangerang(24/4/2019).

“Pemprov Banten terus berupaya meningkatkan kedudukan, peran, dan kualitas perempuan serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan daerah,” tambahnya.

Dijelaskan, Pemprov Banten berkomitmen terhadap penyelenggaraan pembangunan berbasis gender guna terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender. Kesetaraan gender akan mempercepat proses pembangunan terutama kaitannya dalam pembangunan sumber daya manusia.(beh)