Disdik Sebut 920 Ruang Kelas Rusak, PUPR Klaim Hanya 164 Saja, Mana yang Benar?

  • Bagikan

JawaraNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang kembali mempertontonkan ketidakkompakkannya dalam segi data. Kali ini, perbedaan data ruang kelas yang rusak terjadi.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) saling klaim data ruang kelas yang rusak. Disdikpora, melalui bidang Sarana dan Prasarana menyampaikan, data kerusakan ruang kelas di Karawang mencapai 920 ruang kelas.

Sementara, data berbeda disampaikan oleh Dinas PUPR Karawang, yang mengklaim bahwa ruang kelas yang perlu dibenahi hanya berjuah 164 saja.

Menurut Kasi PSD Disdikpora, Cece Saripudin mengatakan, pihaknha sjdah melakukan pemantauan sekaligus pemetaan untuk sekolah yang rawan ambruk. “Ada sebanyak 920. Ini jadi PR kita (Pemkab) dan juga pusat,” ujar Cece beberapa waktu lalu.

Pernyataan itu berbeda jauh dengan yang disampaikan Dedi Ahdiat, Kepala DPUPR Karawang. Data yang disampaikan Dedi, berbeda jauh dengan data yang disampaikan Disdik. Dedi menyebut, kerusakkan ruang kelas hanya 164 saja.

Ia menyatakan, DPUPR tengah fokus menyelesaikan pembangunan langkah strategis percepatan pembangunan. Bahkan, ia mengklaim jika koordinasi dengan Disdikpora dan Bupati sudah dilakukan.

“Untuk perbaikan sekolah yang hampir ambrik dilakukan pada tahun 2022. Kecuali ada tiga sekolah yang sudah ambruk diperbaiki tahun ini dianggaran perubahan tahun 2021,” ujar Dedi.

Dedi juga tidak mempermasalahkan perbedaan data ruang kelas rusak. Menurutnya, sudah ada kesepahaman antara PUPR dan Disdik.

“Jadi begini jumlah SD nya itu ada 823, yang kondisi bagus ada 174 sekolah, dalam kondisi sedang ada 180 sekolah, kemudian kondisi rusak sedang ada 266 sekolah, rusak berat ada 100, nah jadi apabila yang jumlah 266 sekolah karena belum di intervensi anggap saja katakanlah sekitar 400-an,” ujarnya.

Penulis: ReEditor: Redaktur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!