BPNT di Karawang Bisa Dicairkan Tunai Langsung 3 Bulan

  • Bagikan
Ilustrasi BPNT/net

JawaraNews.id – Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Karawang bisa diambil manfaatnya dalam bentuk tunai.

Dari situs resmi Kementerian Sosial, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menekankan bahwa KPM dapat menerima bantuan untuk tiga bulan dalam sekali pencairan.

“KPM bisa mencairkan bantuan sekaligus untuk tiga bulan,” kata Mensos Risma.

BPNT/Kartu Sembako dalam bentuk uang tunai Rp600.000 merupakan salah satu langkah penting dalam upaya percepatan penyaluran bansos.

Dalam penyaluran BPNT/Kartu Sembako uang tunai Rp600.000, Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai instansi penyalur.

“Kami sudah memutuskan untuk menyalurkan BPNT/Kartu Sembako secara tunai dengan melibatkan PT Pos Indonesia,” tuturnya.

Mekanisme pencairan bantuan oleh PT Pos Indonesia tidak melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sehingga diharapkan bisa meningkatkan kecepatan dalam penyaluran

Keputusan menyalurkan BPNT/Kartu Sembako Rp600.000 dalam bentuk uang tunai merupakan hasil evaluasi dari penyaluran di sejumlah tempat.

Sebelumnya, KPM menerima BPNT dalam bentuk paket. Padahal seharusnya, KPM bisa bebas menentukan jenis barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau dalam tunai sebenarnya lebih bagus karena kita (KPM) bisa menyesuaikan kebutuhan,” kata Ratmi, salah satu PKM di Kecamatan Majalaya.

Selain itu, banyak di sejumlah lokasi kualitas barang (paket) dari bansos BPNT/Kartu Sembako di bawah standard. Dengan adanya kepastian pencairan BPNT bentuk uang tunai Rp. 600.000. (red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!