Tempat Wisata di Banten yang Bagus

0
216

Pantai Sawarna

Pantai SawarnaTempat wisata di banten yang pertama adalah pantai sawarna yang sudah tak asing di telinga masyarakat. Salah satu wisata pantai yang ada di Banten adalah Pantai Sawarna yang menjadi wisata utama kota banten. Di sini kita dapat menyaksikan keindahan alam yang masih terjaga dan begitu alami, dengan pasir putih luas terbentang dan air laut yang warnanya biru bening.

Ditambah perbukitan hijau mengelilinginya, obyek wisata yang satu ini menjadi tempat wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau sekedar memanjakan mata. Alamat : Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Tanjung Lesung
Tanjung LesungLagi, wisata pantai dengan batuan karang dan panorama alami yang ada di Banten bernama Tanjung Lesung. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dengan bentuk karangnya yang unik. Rancangan pantai ini bernuansa khas Bali.

Wisatawan lokal bahkan turis mancanegara banyak yang datang berkunjung untuk menikmati indahnya obyek wisata Tanjung Lesung. Pantai tanjung lesung terkenal dengan pantai dengan angin sedang, sehingga sangat cocok untuk melakukan olahraga baik, seperti berselancar dengan ombak yang pas. Tak hanya itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekitarnya ini menambah nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang masih asri.

Alamat : daerah Labuan, Banten.

Pulau Burung
Pulau BurungTempat wisata di banten selanjutnya ada pulau burung. Pulau Burung atau Pulau Dua adalah tempat wisata bahari di Banten yang memiliki laut yang indah. Keunikan pulau yang satu ini adalah, tiap tahun banyak jenis burung yang berkunjung kemari. Ada sekitar 60 jenis burung dari bermacam negara yang datang pada bulan April-Agustus.

Selain beraneka ragam burung, di sini pun terdapat bermacam jenis ikan laut. Luas wilayah Pulau Burung yaitu sekitar 30 hektar. Ribuan burung yang datang, asalnya dari Benua Afrika, Australia, dan Asia. Untuk sampai ke obyek wisata Pulau Burung, anda dapat menyewa perahu motor atau perahu tradisional. Jika anda senang berjalan kaki, ke Pulau Burung juga dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 sampai dengan 30 menit melewati daerah pertambakan yang ada di Desa Sawah Luhur, Kasemen. Pulau ini kini telah menyatu dengan daratan Jawa karena adanya proses sedimentasi.

Gunung Krakatau
Gunung KrakatauSelain letusan gunung yang teramat dahsyat, Krakatau juga terkenal karena medan yang menantang. Jadi Gunung Krakatau sangat disukai oleh para pecinta alam sampai dengan wisatawan mancanegara. Gunung yang meletus pada 1883, suara letusannya terdengar sampai dengan Benua Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru yang kini dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau.

Anak Krakatau timbul ke permukaan pada tahun 1928 dan termasuk dalam gunung yang aktif sampai sekarang. Walau lokasi wisata ini ada di Selat Sunda dan masuk ke Provinsi Lampung, akan tetapi sangat mudah menjangkau Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Izin mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau, dapat kita peroleh juga di tempat ini. Perjalanan ke sana ditempuh menggunakan perahu motor. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan saat liburan ke destinasi wisata yang satu ini, diantaranya adalah berkemah, mancing, menikmati keindahan panorama alam laut yang memikat.

Pulau Umang
Pulau UmangPulau Umang terkenal dengan keindahan pantainya. Pulau ini letaknya tak jauh dari obyek wisata Tanjung Lesung. Ada sebuah resort yang memiliki sentuhan artistik alami di Pulau Umang. Fasilitas yang ditawarkan oleh resort tersebut antara lain ruang pertemuan, spa, sunset lounge, kolam renang, dan lain-lain.

Luas lokasi wisata ini kurang lebih 5 hektar. Pengelola lokasi wisata adalah perusahaan swasta yang melengkapinya dengan beragam fasilitas rekreasi dan hiburan untuk pengunjung yang tengah liburan di sini. Untuk dapat sampai ke lokasi wisata, cukup mudah. Tersedia penyewaan mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang memang khusus disediakan pihak pengelola. Selain itu, akan mudah menjangkaunya dari Ujung Kulon.

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung KulonTaman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi alam yang ada di Indonesia dan berperan penting untuk dunia. Beberapa daya tarik obyek wisata ini adalah adanya hutan tropis dataran rendah yang mempesona serta badak bercula satu.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami dari bermacam hewan yang dilindungi. Contoh hewannya yaitu badak jawa, banteng, babi hutan, kukang, beraneka ragam burung dan primata, rusa, sampai dengan kijang. Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan perahu. Fasilitas yang ada di Ujung Kulon antara lain jaringan listrik, air, telekomunikasi yang baik, penginapan, pusat informasi, sampai dengan sarana transportasi juga lengkap.

Pantai Bagedur
Pantai BagedurPantai yang ada di Banten ini termasuk pantai yang landai dengan ombaknya terkenal cukup besar. Sangat pas dipakai sebagai lokasi wisata keluaga. Sangat menyenangkan bermain di tepian pantai ini.

Dataran pasir yang luas cocok sekali untuk melakukan aktivitas outdor, seperti bermain layang-layang, olahraga voli, dan bersepeda. Berlibur ke pantai bagedur menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman.

Alamat : Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten.

Masjid Agung Banten

Masjid yang kaya akan nilai sejarah ini merupakan masjid paling tua di Indonesia. Masjid ini tiap hari selalu ramai kunjungan wisatawan, bukan hanya yang berasal dari daerah Jawa Barat saja, akan tetapi juga yang asalnya dari luar Jawa Barat.

Masjid ini dibangun pertama oleh Sultan Maulana Hasanuddin tahun 1552-1570. Beliau merupakan anak pertama Sunan Gunung Jati dan Sultan Pertama Kesultanan Banten. Karena masjid yang penuh dengan sejarah ini menjadi banyak dikunjungi sebagai wisata religi bagi beberapa orang, terlebih pengunjung yang berasal dari luar banten.

Alamat : Desa Banten Lama (sekitar 10 km sebelah utara Serang).

Pantai Anyer
Pantai AnyerPantai yang termasuk wisata favorit di Banten ini mempunyai hamparan pasir putih luas membentang dengan ombak yang tenang. Salah satu tempat wisata di Banten yang ramai dikunjungi wisatawan atau pelancong.

Beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan ketika berlibur kemari antara lain berenang, banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski, sampai dengan jalan menikmati indahnya pantai. Tak hanya itu saja, terdapat area perkemahan di sekitar Pantai Anyer.

Sebetulnya Pantai Anyer terdiri atas beberapa pantai dengan nama yang berbeda-beda, akan tetapi karena lokasinya di garis pantai yang sama, orang-orang menganggap semuanya adalah kawasan Pantai Anyer.

Perkampungan Suku Baduy
Perkampungan Suku BaduySuku asli Banten yang telah bertahun-tahun menetap di sini adalah suku baduy. Keunikan dari Perkampungan Suku Baduy adalah kita akan disuguhi pemandangan betapa murninya budaya suku tersebut serta adat istiadatnya.

Di sini kita tak hanya bersenang-senang saja, melainkan juga dapat mempelajari dan mengenal lebih jauh adat istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri menjadi fokus utama wisatawan dalam berkunjung ke tempat ini.

Alamat : Kabupaten Pandeglang, Banten.

Rawa Dano
Rawa DanoRawa Dano dikenal juga dengan nama Cagar Alam Rawa Danau. Jika ditempuh dari Jakarta, jaraknya sekitar 101 km. Di tempat wisata ini banyak terdapat rawa dan ada pula danaunya. Luas Rawa Dano sekitar 2.500 hektar.

Aneka macam pepohonan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang ada di Rawa Dano antara lain adalah berbagai reptil, setidaknya ada 250 jenis burung yang habitatnya adalah Rawa Dano.

Untuk sampai ke lokasi Rawa Dano dapat ditempuh lewat 3 jalur, antara lain adalah Jakarta-Serang-Padarincang-Rawa Dano, lewat jalur Serang-Anyer-Cinangka, lewat jalur Cilegon-Anyer.

Pantai Sambolo
Pantai SamboloApabila anda menyukai olahraga air, anda bisa memilih Pantai Sambolo sebagai destinasi wisata. Mengajak keluarga untuk berlibur di sini, tentu akan sangat menyenangkan.

Aktivitas yang bisa dilakukan tatkala berada di sini antara lain adalah berenang, selancar, menikmati kuliner di sekitar kawasan Sambolo. Keindahan pantai yang mempesona dengan pasir putihnya, membuat kita betah untuk tinggal lebih lama. Maka tek heran bila pengunjung pantai ini akan selalu bertambah dan tak pernah sepi setiap harinya.

Anda suka suasana pantai yang teduh? Pantai Cibeureum menjadi pilihan tempat wisata di banten yang tepat untuk anda. Di sini banyak terdapat pepohonan kelapa dan lokasi pantai juga dipelihara dan dirawat dengan baik oleh warga sekitar.

Salah satu cara menikmati wisata Pantai Cibeureum adalah dengan mencicipi kuliner Pantai Cibeureum yang dijajakan oleh warga sekitar. Banten yang terkenal dengan kuliner unik seperti rabeg yang menjadi menu andalah dan istimewa pada saat zaman kesultanan banten yang cukup melegenda.

Pantai Marina
Pantai Marina BantenTempat wisata di banten selanjutnya adalah pantai marina. Pantai Marina sangat pas bagi anda yang senang dengan wahana permainan air karena di sini terdapat banyak permainan air. Lebih dari yang ada di Pantai Sambolo. Anda bisa puas menikmati beragam wahana yang tersedia.

Selain itu keunggulan dari obyek wisata Pantai Marina adalah tersedianya sarana akomodasi berupa penginapan, villa, atau resort, yang memadai dan banyak pilihannya. Fasilitasnya pun tergolong lengkap, jadi kita akan nyaman saat berwisata. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini membuat pantai marina unggul dan banyak diminati sebagai destinasi wisata untuk berlibur.

Pantai marina ternyata juga ada di beberapa kota di Indonesia, yaitu di kota semarang jawa tengah dan di provinsi sulawesi selatan yang tak kalah indahnya untuk menghabiskan waktu libur. (baca juga: tempat wisata di semarang dan tempat wisata di sulawesi selatan)

Pantai Marbella
Pantai MarbellaWisata pantai ini dinamakan Pantai Marbella karena lokasinya memang tepat ada di depan hotel bintang lima tepi pantai bernama Hotel Marbella. Pantai Marbella memiliki suasana yang bersih dengan saung yang banyak di tepi pantainya.

Pantai yang dekat dengan Pantai Sambolo ini ramai dikunjungi terlebih ketika liburan tiba. Dan tempat ini pun cocok untuk wisata romantis pengantin baru. Bagi pasangan pengantin baru dapat melakukan bulan madu ke tempat ini, yang akan ditemani pemandangan yang indah dari birunya air laut dan pasir pantai yang lembut dan putih. (baca juga: tempat wisata untuk bulan madu)

Pantai Jambu
Pantai JambuTempat wisata di banten berikutnya adalah pantai jambu. Pantai di Banten yang memiliki keindahan alam mempesona adalah Pantai Jambu. Pasirnya berwarna lebih putih serta butirannya halus. Pantai ini suasananya begitu alami dan masih asli. Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Karang Bolong dan sangat mudah untuk dijangkau.

Keindahan alam dan hamparan laut biru menjadi pemandangan utama saat pengunjung tiba di tempat ini. Suasana yang tak begitu ramai menjadi nilai tambah karena suasana yang masih asri. Oleh karenanya wisata pantai jambu menjadi pilihan yang tepat bagi sebagai orang untuk berlibur di kawasan pantai dan suasana yang tenang.

Pantai Pasir Putih Florida
Pantai Pasir Putih FloridaDestinasi wisata di Banten yang populer selanjutnya adalah Pantai Florida. Hamparan pasir putihnya lebih luas dibandingkan pantai lain di Banten. Dari sinilah kita dapat melihat pemandangan matahari tenggelam yang menakjubkan serta pesona pantai nan cantik.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika liburan kemari adalah bermain dan santai di tepi pantai atau main voli pantai. Harga tiketnya Rp 10.000,- per orang.

Pantai inipun tak pernah sepi pengunjung, setiap hari pastinya ada saja wisatawan yang datang dan menikmati keindahan pantai ini dengan rasa takjub. Pasir pantai yang putih dan lembut ini membuat pengujung rela membuka alas kaki mereka untuk merasaka langsung keindahan alam pantai pasir putih florida.

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang BolongSalah satu tempat wisata unik Banten lainnya bernama Pantai Karang Bolong. Pada jaman dahulu, nama pantai ini bukanlah Karang Bolong melainkan Karang Suraga yang merupakan nama orang pintar dengan ilmu tinggi yang dahulu pernah bertapa di tempat tersebut sampai akhir hayat. Akan tetapi lama kelamaan, pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Karang Bolong dikarenakan di sekitar pantai memang terdapat sebuah karang besar yang berlubang (Karang Bolong).

Perkiraan para ahli, terbentuknya lubang karena adanya pengikisan oleh air laut dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi ada juga yang menyatakan bahwa terbentuknya lubang di karang itu disebabkan letusan Gunung Krakatau. Hingga kini penyebab pasti Karang Bolong itu belum diketahui.

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Karang Bolong antara lain adalah berpiknik seraya menikmati indahnya pantai dengan menggelar tikar sambil santai, kalau air laut tengah surut kita bisa menyusuri bebatuan karang yang tak tenggelam, main perahu dan banana boat, tracking ke puncak karang serta melihat indahnya Gunung Anak Krakatau dari jauh. Namun sayangnya di pantai ini tak boleh berenang, karena banyak batu karang. Tetapi jangan khawatir, bagi anda yang masih ingin berenang, bergeserlah ke kanan karena di sini ada pantai yang berpasir dapat dipakai untuk berenang.

Pantai Carita
Pantai CaritaPantai Carita tentunya tidak asing lagi di telinga anda. Pantai yang populer di Banten ini sangat ramai terlebih ketika akhir pekan. Bukan hanya turis lokal yang berkunjung, tetapi juga pelancong luar negeri.

Pasca terjadinya tsunami yang menerjang Aceh, lokasi wisata yang satu ini sempat sepi pengunjung. Mereka merasa khawatir akan terjadi hal serupa di Carita. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pantai ini kembali padat pengunjung. Pantai ini letaknya tak jauh dari Anyer.

Alamat : Jalan Raya Pandeglang-Labuan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau Sangiang
Pulau SangiangPulau Sangiang adalah taman wisata laut yang ada di Banten. Oleh para wisatawan yang berkunjung, tempat ini pun dijuluki Seven Wonders of Banten. Sesuai dengan julukan yang diberikan, Pulau Sangiang memiliki panorama alam yang memukau. Ada pantai indah dengan pasir putih dan air laut jernih, antara lain Tanjung Raden, Batu Mandi, Pasir Panjang dan Legon Waru.

Beraneka ragam tanaman khas contohnya cemara laut, ketapang bayur, waru laut, walikukum, dadap laut, dan nyamplung. Bermacam hewan yang dilindungi pun dapat kita saksikan di pulau ini, diantaranya, bermacam biota laut, elang laut, belibis, camar, dara laut. Ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh di pantai, membuat Pulau Sangiang makin tampak mempesona. Beragam kegiatan yang dapat kita lakukan saat liburan ke Sangiang yaitu menyelam dan snorkeling, serta berwisata ke Gua Kelelawar yang ada dekat Pulau Sangiang. Apabila anda mengunjungi Pantai Tanjung Raden, anda dapat menyaksikan indahnya beragam biota laut memakai glass bottom boat.

Untuk mencapai Pulau Sangiang, anda dapat menempuh perjalanan selama 2 sampai 3 jam ke Anyer, barulah menyeberang ke Sangiang. Butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk menyeberang. Banyak juga jasa travel yang menawarkan wisata ke Sangiang, tarifnya berkisar antara Rp 400.000,- sampai dengan Rp 600.000,- per orang. Jika ingin snorkeling, perlengkapannya pun dapat anda sewa di lokasi. Alamat : Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Danau Tasikardi
Danau TasikardiDanau Tasikardi adalah obyek wisata alam sekaligus wisata sejarah di Banten. Di sini banyak dijumpai peninggalan Kerajaan Banten. Nama danau yaitu Tasikardi berasal dari 2 kata bahasa sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang memiliki arti danau buatan.

Dalam sejarahnya, danau ini dibuat ketika pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang merupakan sultan kedua dari Kesultanan Banten. Dulunya danau ini disebut dengan Situ Kardi dan konon dasar danau terbuat dari ubin batu bata. Pada masanya danau ini dipakai untuk menampung air Sungai Cibanten yang mengairi lokasi ini.

Danau Tasikardi dengan pemandangan indah dan adanya persawahan hijau di sekitarnya, membuat para pengunjung betah menghabiskan waktu liburannya di obyek wisata yang satu ini. Di dalam danau, banyak terdapat ikan-ikan yang boleh dipancing, selain kegiatan mancing, hal lain yang dapat dilakukan adalah camping di area camping yang terletak dekat Danau Tasikardi, berperahu ke pulau kecil yang dulunya adalah tempat rekrerasi bagi keluarga sultan. Di pulau kecil tersebut, dapat dijumpai aneka peninggalan Kesultanan Banten. Menuju lokasi wisata Danau Tasikardi, bila ditempuh dari Kota Serang anda dapat naik angkutan umum ke Kramatwatu. Atau bisa pula pakai kendaraan pribadi mengambil jalur Cilegon.

Tiket masuk danau sangat terjangkau dan lokasi ini tepat sekali bagi anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Saat ini Danau Tasikardi bersama dengan Masjid Agung Banten, Keraton Kaibon, Pasar Lama Serang, Keraton Surosowan, Vihara Avalokitesvara dan Benteng Spelwijk ditetapkan ke dalam Situs Banten Lama. Alamat : Desa Margasana, Serang, Banten.

Arung Jeram Sungai Ciberang

Bagi anda yang suka petualangan yang menantang dan memacu adrenalin, cobalah melakukan rafting atau arung jeram di Sungai Ciberang. Sungai ini terletak di pedalaman Banten dan tergolong masil asli (alami). Beberapa jalur pengarungan yang tersedia di lokasi ini antara lain, jalur pemula sepanjang 700 meter sampai dengan jalur sepanjang 25 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

Ketika menyusuri sungai ini, pemandangan alam hijau di kiri dan kanan dari Taman Nasional Gunung Halimun begitu memanjakan mata. Kita pun dapat melihat bermacam kegiatan warga saat melewati satu kampung ke kampung lainnya. Wisata yang satu ini sangat pas bagi anda penyuka wisata alam yang memacu adrenalin. Alamat : Kampung Muhara.