MTQ XVI Provinsi Banten Berlangsung Sukses

0
72

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Provinsi Banten, 25 – 29 Maret 2019, yang dipusatkan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang berlangsung sukses. Pembukaan MTQ XVI Provinsi Banten berlangsung meriah, Senin (25 Maret 2019).

Ribuan pengunjung dan peserta meramaikan lokasi pembukaan MTQ XVI Provinsi Banten. Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy, para walikota dan bupati di Provinsi Banten para kepala OPD, Ketua LPTQ Nasional, LPTQ kabupaten dan kota se Provinsi Banten, tokoh masyarkat, alim ulama dan akademisi.

Acara diawali dengan defile kontingen dari empat kabupaten dan empat kota di Provinsi Banten. Dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan menyanyikan Indonesia Raya. Aksi teatrikal gerakan Maghrib Mengaji. Setelah itu sambutan-sambutan dan ditutup dengan penampilan Band Wali.

“Dibalik kemegahan dan kemeriahan pembukaan MTQ ini, saya yakin akan tetap memberikan kontribusi pada penyampaian ukhuwah islamiyah,” ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim saat membuka acara.

Masih menurut Gubernur, masyarakat akhlakul karimah adalah masyarakat Qurani, masyarakat yang dilindungi Allah swt. Menjadi negara baldatun thoyibatun warabbun ghofuur.

“Sejak tahun lalu, kita hidupkan kembali tempat-tempat peziarahan. Kita bangkitkan Banten Lama, karena kekuatan kita di situ,” tambah Wahidin Halim.

MTQ Provinsi Banten mengambil tema “MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten Meneguhkan Ukhuwah Islamiyah dan Islam Moderat dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Sementara itu Ketua Panpel Sholeh Hidayat menjelaskan, konsep acara pembukaan dibuat berbeda, ada teatrikal sejarah perkembangan Islam di Banten. Selama penyelenggaraan dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan, pameran pembangunan, pasar rakyat, dan warung amal di setiap tempat perlombaan.

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten Syibli Syarjaya menjelaskan MTQ XVI Provinsi Banten melombakan 10 cabang. Yaitu: tilawah Quran, qiraat Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, fahmil Quran, syarhil Quran, khottil Quran, makalah Quran, hifdzil hadits dan qiratul kutub. Dua cabang terakhir merupakan muatan lokal sebagai persiapan MTQ Nasional 2020.

MTQ XVI Provinsi Banten melibatkan 172 orang hakim yang mewakili kabupaten/kota se Provinsi Banten. Dengan ketua koordinator dewan hakim Syibli Syarjaya dengan wakil Zakaria Syafei.

MTQ XVI diikuti oleh 487 peserta dari delapan kabupaten/kota se Provinsi Banten.

“Pendaftaran secara online melalui e-MTQ. Peserta yang didaftarkan tidak dapat dimanipulasi karena berbasis NIK atau Nomor Induk Kependudukan,”jelasnya.

Sistem perlombaan menggunakan e-Maqro. Dengan sistem digital ini, soal-soal yang diberikan kepada peserta berbasis elektronik dan diacak secara sistem otomatis. Nilai diinput ke sistem IT Musabaqah dan diupload ke website.

“Seluruh penampilan peserta dapat disaksikan melalui live streaming media You Tube LPTQ Banten,” jelas Syibli

Sementara itu Ketua LPTQ Nasional Amin Muhammadiyah mengapresiasi Provinsi Banten yamg paling banyak menyumbang LPTQ Nasional.

“Hal ini tidak terlepas dari peran Gubernur Banten serta bupati dan walikota di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Tangerang Islamic Theatre


Kota Tangerang kini menambah destinasi wisata religi dan tempat syiar agama Islam seiring diresmikannya Tangerang Islamic Theater oleh Gubernur Banten Wahidin Halim. Peresmian ini sebagai rangkaian memeriahkan MTQ XVI Provinsi Banten di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Senin (25/03/2019).

“Saya resmikan Tangerang Islamic Theater untuk ukhuwah Islamiyah Kota Tangerang,” ucap Gubernur Banten Wahidin Halim.

Tangerang Islamic Theater berada di Gedung MUI, disamping Masjid Raya Al Azhom di kawasan Puspemkot Tangerang. Di gedung MUI Kota Tangerang itu, dibuat semacam kubah/dome sebagai layar pemutaran film. Layaknya menikmati tayangan di planetarium.

Tangerang Islamic Theater sebagai tempat wisata edukasi yang menampilkan visualisasi perkembangan Islam dari zaman ke zaman, keajaiban Al Quran dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Banten juga mengungkapkan tekadnya untuk membangun Baitul Quran di Kawasan Banten Lama dengan luas lahan yang mencapai 4,5 hektar. Tahun 2020 diharapkan pengerjaan sudah dimulai seiring dengah selesainya tahap kajian di tahun ini.

“Serta pembangunan Poros Wisata Ziarah Banten Lama – Caringin. Setiap tahun lima juta orang datang berkunjung. Potensi ini bakal meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Gubernur Wahidin Halim.

Kota Tangsel Juara Umum

Kota Tangerang Selatan dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih nilai tertinggi, yang merupakan kumulatif dari setiap nilai setiap peserta dari seluruh cabang yang diperlombakan dan diumumkan oleh ketua dewan hakim pada acara penutupan yang berlangsung di panggung utama MTQ Kota Tangerang, Jum’at malam (29/03/2019).

Sementara juara kedua diraih oleh tuan rumah Kota Tangerang, juara ketiga diraih oleh Kabupaten Serang, posisi ke empat diraih kafilah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang meraih posisi kelima, disusul oleh Kabupaten Lebak, Kota Cilegon dan Kota Serang di peringkat kedelapan. Kota Tangsel Kembali meraih sukses merebut gelar juara umum untuk ke lima kali secara berturut-turut dan berhak menerima kembali piala juara umum MTQ yang diserahkan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Dalam sambutannya Gubernur Banten ungkapkan rasa bangganya atas penyelenggaraan MTQ XVI Provinsi Banten yang berjalan dengan baik, lancar dan penuh kreatifitas. Mulai dari pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan. Begitu juga dalam memberikan pelayanan kepada seluruh kafilah dan para dewan hakim. Ucapan terima kasih juga untuk Walikota Tangerang dan Wakil Walikota Tangerang atas pelaksanaan pembukaan dan penutupan yang sangat megah dan berkesan. Sehingga membuat warga enggan beranjak dari tempat duduknya.

“Kalau kota Tangerang bagus, Provinsi Banten nya juga jadi hebat,” seloroh Gubernur, yang dikemas dengan pantun.

Selanjutnya, Gubernur mengucapkan selamat kepada para pemenang, khususnya kepada juara umum, baginya ini juga menandakan bahwa Al-Quran dicintai oleh masyarakat Banten dan ini adalah harapan setiap pelaksanaan MTQ yang utamanya adalah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Quran, baik untuk diri kita, keluarga hingga seluruh warga masyarakat, sehingga akan tercipta negeri banten yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr.

Berdasarkan lampiran Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten Tahun 2019 No. 04/DH-MTQ-XVI/III/2019 Tentang Penetapan Kejuaraan Umum MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten Tahun 2019 di Kota Tangerang, menetapkan Kota Tangerang Selatan sebagai juara umum dengan Perolehan Nilai 149. Sementara juara ke-II diraih Kota Tangerang dengan 81, juara III oleh Kabupaten Serang dengan nilai 76, urutan kempat ditempati Kabupaten Pandeglang dengan nilai 71, kelima oleh Kabupaten Tangerang dengan nilai 52, keenam diraih Kabupaten Lebak sebesar 40, ketujuh diraih Kota Cilegon dengan nilai 9 dan terakhir ditempati Kota Serang dengan nilai 8. (msa/beh)