Kampus Perubahan BPSDM Daerah Provinsi Banten

0
33
Maket Kampus Perubahan - Tunjukkan rencana pembangunan dan pengembangan Kampus BPSDM Daerah Provinsi Banten

Berakreditasi A, di usia yang masih muda Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Banten setara dengan lembaga sejenis provinsi lain. Berhak menyelenggarakan pelatihan tingkat nasional.

Teduh dari rindang pepohonan langsung terasa begitu memasuki Kampus Perubahan BPSDM Daerah Provinsi Banten di Jl. Raya Lintas Timur Km 4 Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang. Keberadaannya di kaki Gunung Karang turut menjadikan kampus ini sangat cocok untuk belajar mengajar.

Menempati lahan seluas hampir 200 ribu meter persegi sekitar 20 hektar, Kampus BPSDM Daerah Provinsi Banten masih dalam tahap pengembangan. Sarana utama yang dimiliki BPSDM saat ini di antaranya: gedung kantor, ruang kelas, asrama, guest house, perpustakaan, masjid,Gedung Serba Guna (GSG), ruang makan/ dapur umum, gedung assessment center, asrama VIP,klinik, kantin dan aneka fasilitas olahraga.

Sebutan Kampus Perubahan itu, Menara Banten ketahui saat bertemu dengan Kepala BPSDM Daerah Provinsi Banten Endrawati saat mendamping Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat 2 bersilaturrahmi ke Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) di rumah dinasnya.

Terhadap perkembangan BPSDM Daerah Provinsi Banten, komitmen dan perhatian Gubernur WH cukup besar. Seperti dijelaskan oleh Endrawati, sejak menjabat Gubernur WH memiliki perhatian besar terhadap keberadaan BPSDM Daerah Provinsi Banten.

Pada tahun 2017 awal menjabat Gubernur Banten, sarana dan prasarana BPSDM Daerah Provinsi Banten mendapatkan perhatian Gubernur WH. Pembenahan sarana dan prasarana itu membawa BPSDM Daerah Provinsi Banten berhasil meraih akreditasi A.

Pada tahun 2018 untuk pertamakalinya, BPSDM Daerah Provinsi Banten menyelenggarakan pendidikan kilat (diklat) tingkat nasional. Pada tahun 2019, kembali menyelenggarakan diklat tingkat nasional untuk yang keduakali.

“Pokoknya, komitmen saya untuk mengembangkan BPSDM Daerah (Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia) ini untuk memenuhi kualifikasi standar nasional,” tegas Gubernur WH saat meninjau fasilitas BPSDM Daerah Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang bersama Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Baseng didampingi Kepala BPSDM Daerah Provinsi Banten Endrawati.

“Kita sekarang statusnya sudah bisa menggelar diklat tingkat nasional. Saat ini untuk Diklat Pim Tingkat 2,” tambahnya.

Gubernur WH juga memaparkan tentang rencana membangun auditorium atau aula di BPSDM Daerah Provinsi Banten. Aula yang memenuhi standar, mampu menampung 200 orang.

Langkah Gubernur Banten yang telah melengkapi BPSDM Daerah Provinsi Banten dengan sarana dan prasarana dinilainya cukup bagus. Apresiasi pun keluar dari Deputi Bidang Penyelenggara Kompetensi LAN RI Baseng.

” Kita sangat mengapresiasi langkah Gubernur Banten menyiapkan fasilitas sebagus ini,” ungkapnya.

BPSDM Daerah Pemprov Banten telah dilengkapi beberapa sarana dan fasilitas sekelas hotel bintang tiga. Di antaranya, fasilitas 22 kamar tipe dua tempat tidur (double bed), ruang auditorium, lintasan jogging, sarana outbond, serta sarana perpustakaan.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Bapak Gubernur. Kami akan menjaga kepercayaan itu dengan menjaga dan meningkatkan kualitas kepelatihan di BPSDM Daerah Provinsi Banten,” ungkap Endrawati.

“Untuk mempertahankan akreditasi A, BPSDM Daerah Provinsi Banten bakal selalu menjaga kualitas diklat yang diselenggarakan dan mempertahankan sarana dan prasarananya,” pungkasnya.

Kampus BPSDM Daerah Provinsi Banten berstandar nasional, lahirkan aparatus sipil negara (ASN) yang profesional dan berintegritas.

BPSDM Daerah Provinsi Banten

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Banten mempunyai tugas melaksanakan pengembangan sumber daya manusia aparatur di bidang penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah menjadi salah satu tonggak penting penyusunan Renstra BPSDM, karena berdasarkan PP tersebut, Pemerintah Provinsi Banten telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat Daerah Provinsi Banten yang mengubah nomenklatur Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Banten menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten.

BPSDM Daerah Provinsi Banten sebagai perangkat daerah yang menyelenggarakan pengembangan kompetensi, sertifikasi dan standarisasi aparatur, perlu merancang pengembangan kelembagaan lima tahun ke depan terkait dengan rumusan dalam rencana pemerintah provinsi yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Penilaian Akreditasi Lembaga Diklat oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN RI), tanggal 23 November Tahun 2017, BPSDM Daerah Provinsi Banten mendapatkan kualifikasi penilaian A pada program Diklat Prajabatan Golongan I dan II, Diklat Prajabatan Golongan III, dan Diklat Kepemimpinan Tingkat III. Sedangkan pada program Diklat Kepemimpinan Tingkat IV mendapatkan kualifikasi penilaian B. Selain itu dalam penyelenggaraan Diklat Teknis Barang dan Jasa, BPSDM mendapatkan penilaian akreditasi A dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP).

Keunggulan BPSDM Daerah Provinsi Banten juga ditopang oleh jabatan fungsional Widyaiswara (WI). Aset utama dalam proses Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan (Dikjartih) itu memiliki spesifikasi atau bidang keahlian unggulan di antaranya:
– Bidang Diklat Kepemimpinan Tk.III dan Tk.IV
– Bidang Diklat Prajabatan
– Bidang Pengelolaan Barang dan Jasa Serta Barang Milik Daerah (BMD)
– Bidang Telaahan Staf
– Bidang Gizi dan Kesehatan Masyarakat
– Bidang Pengelolaan/ Pemerintahan Desa
– Bidang Manajemen dan Integritas ASN
– Bidang SANKRI
– Bidang Manajemen Rumah Sakit, Puskesmas, dan Tenaga kesehatan
– Bidang Good Governance
– Bidang Tata Naskah Dinas
– Bidang Kearsipan
– Bidang Penysunan Dokumen: Renstra, Renja, LAKIP, LKPJ, LPPD
– Bidang Pengelolaan Lingkungan
– Bidang Sistim Informasi Geografi dan Pemetaan
– Bidang Mitigasi Bencana
– Bidang Public Private Patnership
– Bidang Pengelolaan Wilayah Pesisir
– Bidang Pekerjaan Umum
– Bidang Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)

BPSDM Daerah Provinsi Banten dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:
1.Penyusunan kebijakan teknis, rencana, dan programpengembangan sumber daya manusia provinsi;
2. Penyusunan kebijakan teknis, rencana, dan program pengembangan sumber daya manusia provinsi;
3. Penyelenggaraan pengembangan kompetensi di lingkungan pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota;
4. Penyelenggaraan sertifikasi kompetensi di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota;
5. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia aparatur di provinsi dan kabupaten/kota;
6. Pelaksanaan administrasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi; dan,
7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur. (msa/dew)