JAWARA e-GOV, Ekosistem e-Goverment Pemprov Banten

21

Otonomi daerah memberikan kewenangan yang luas kepada daerah untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Peraturan Gubernur Banten Nomor 67 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pemerintah Provinsi Banten mengembangkan JAWARA e-GOV sebagai ekosistem aplikasi digital pemerintahan.

Pengembangan JAWARA e-GOV juga tidak terlepas dari visi “Banten yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berakhluakul Karimah” Pemerintah Provinsi Banten di era kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim dan wakil Andika Hazrumy. Khususnya, misi “menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).”

JAWARA e-GOV sebagai perwujudan strategis dalam suatu sistem teknologi informasi dan komunikasi akan dikembangkan secara terpusat, terpadu dan terencana. Menjadi mekanisme pengambilan keputusan bagi pimpinan di tiap jenjang administrasi Pemprov Banten yang dapat dilakukan secara lebih berdaya guna, efektif, dan efisien.

Teknologi informasi dan komunikasi yang akan dikembangkan di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten diharapkan dapat mendukung para pengambil keputusan untuk setiap tingkatan yang berada pada perangkat daerah dalam membuat kebijakan yang terukur dan terarah guna menunjang pelaksanaan e-goverment.

Pemanfaatan teknologi informasi (e-goverment)sebagai media untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efektif dan efisien merupakan implementasi dari Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003. Memanfaatan teknologi informasi dalam menunjang aktivitas pemerintahannya, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menuju terwujudnya e-government di Indonesia.

Pemerintahan yang baik harus memiliki sebuah wadah informasi yang dapat menjadi prasarana bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan kepemerintahan, informasi profil lembaga pemerintah, informasi pejabat pemerintah, hingga informasi lainnya yang dapat diakses oleh umum.

Keberadaan JAWARA e-GOV bagi masyarakat umum diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi yang terdapat di dalam Pemprov Banten.

Sementara itu keberadaan JAWARA e-GOV bagi organisasi perangkat daerah (OPD) bakal menselaraskan aplikasi yang dikembangkan di OPD sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri. Saling terkoneksi dan terintegrasi sebagai sistem yang mengumpulkan data/informasi untuk pimpinan.

Pemprov Banten memiliki dan mengembangkan JAWARA e-GOV sebagai ekosistem aplikasi yang dikembangkan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten. Portal ini merupakan sebuah layanan penggunaan aplikasi untuk kegiatan – kegiatan di Pemprov Banten.

Aplikasi yang termuat dalam ekosistem JAWARA e-GOV antara lain yaitu : e-Simral (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan), e-hibah bansos, aplikasi SIKAP (Sistem Kinerja Aparatur Pemerintah), PPDB online SMA/SMK (Penerimaan Peserta Didik Baru), Yankes (Pelayanan kesehatan), e-SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), e-Samsat, SIPEKA (Sistem Pelayanan Perijinan Elektronik Terbuka), TEPRA (Tim Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi Anggaran), PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik), SIRUP (Sistem Rencana Umum Pengadaan), Info mudik, serta Pembayaran pajak online.

Aplikasi – aplikasi di atas terbagi dalam kategori layanan pengaduan, layanan informasi, layanan perizinan, destinasi wisata, layanan kesehatan, layanan pendidikan, dan layanan kepegawaian.

Untuk mengakses dan memanfaatkan JAWARA e-GOV, cukup menginstall aplikasi JAWARA e-GOV(Dev Version) di Google playstore atau di tautan ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.banten.jawaraegov&hl=in

Melalui aplikasi JAWARA e-GOV, bisa mengakses semua layanan informasi terkait Pemerintah Provinsi Banten.

JAWARA e-GOV sebagai bentuk penerapan e-goverment di Pemprov Banten. Hal ini seiring dengan dinamika zaman kekinian yang serba digital, serba online, serba cepat, tepat, akurat ,dan transparan.

Melalui JAWARA e-GOV , informasi seputar Pemprov Banten dapat diakses kapan saja dan dimana saja.(msa)

Comments are closed.