APBD Perubahan 2018 Provinsi Banten Diusulkan Bertambah Rp 130 Miliar

0
96

Jawara News.- Alokasi APBD Perubahan 2018 Provinsi Banten diusulkan bertambah Rp 130 miliar. Sebagian besar usulan penambahan tersebut, untuk di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), dan Dinas Sosial (Dinsos).

Penjabat (Pj) Sekda Banten, Ino S Rawita mengatakan, usulan penambahan tertuang dalam nota komisi DPRD Provinsi Banten. Dari semua pengajuan, alokasi usulan penambahan paling banyak untuk tiga dinas tersebut.

“Di sana ada permintaan-permintaan (nota komisi), di sini (kondisi) uangnya begini, jadi dihitung lagi. Biasa yang banyak mah di PU (PUPR), Perkim, Dinsos juga,” katanya, kepada wartawan seusai rapat pimpinan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (3/9/2018).

Ia menjelaskan, usulan dari nota komisi DPRD Banten tersebut, kemudian akan dikaji kembali oleh Pemprov Banten melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Hal tersebut, untuk memastikan usulan sesuai dengan peruntukan. “Dari nota komisi dicek lagi ke OPD-nya, bener enggak (mengajukan usulan). Kan harus jelas juga peruntukannya,” ujarnya.

Ia tak menampik pembahasan APBD Perubahan 2018 berjalan cukup lama dan beberapa kali pembahasan mengalami perubahan. Hal tersebut, menurut dia, agar alokasi APBD Perubahan 2018 sesuai dengan kebutuhan. Dokumen tersebut disusun berdasarkan pertimbangan keadaan keuangan daerah. “(Penambahan) sekitar Rp 130 miliar,” ucap mantan Pj Bupati Lebak tersebut.

Secara rinci alokasi APBD Perubahan 2018 akan dijabarkan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Banten. Rencananya, paripurna tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat setelah pembahasan rampung.

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim menuturkan, pada dasarnya gambaran perubahan APBD 2018 yang diusulkan tidak ada yang signifikan.
“Sama saja, enggak ada yang signifikan, karena semua sudah terencana di awal tahun anggaran,” tuturnya.

Artikel Asli