Setiap tahunnya Apple akan mengadakan beberapa Apple Event dan sebuah WWDC untuk mengenalkan produk barunya. Khusus untuk WWDC, biasanya fokus pada sistem operasi baru. Sedangkan Apple Event di bulan Maret dan September akan memberikan produk baru berupa hardware (iPhone, iPad, Mac, dan lain sebagainya).

1. iPhone Spesial di Bulan Maret dan Akhir Tahun

Sejak tahun 2016, Apple menggunakan bulan Maret sebagai waktu untuk merilis iPhone edisi spesial. Yaitu Maret 2016 dengan iPhone SE dan Maret 2017 dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (PRODUCT) RED.

Jika tradisi baru ini akan kembali diteruskan pada bulan yang sama tahun ini, Apple harusnya juga akan merilis iPhone SE generasi 2 atau mungkin dengan nama lain. Rumor terbaru yang tim MakeMac dapatkan untuk iPhone SE generasi 2 adalah spesifikasi CPU A10, RAM 2GB, masih menggunakan Touch ID dan beberapa hal lainnya yang dapat kamu simak di artikel ini.

Berpindah ke iPhone baru, kabarnya Apple akan merilis 3 jenis sekaligus pada Apple Special Event bulan September. Rumornya adalah iPhone X Plus dengan ukuran layar 6.5 inci, iPhone X generasi 2 dan iPhone X dengan material yang lebih murah dan ukuran 6.1 inci. Meskipun masih sangat tipis, rumor ini patut untuk kamu catat dan nanti kehadirannya.

2. iPad Pro Generasi Baru

Perangkat iPad Pro juga kabarnya akan mendapatkan generasi baru di tahun 2018. Beberapa bocoran seputar spesifikasi yang digunakan adalah mendukung Face ID, tampilan depan layar penuh dan menggunakan Notch di bagian atas. Layar yang digunakan juga akan mengusung teknologi OLED dan menghapus Touch ID.

3. Aksesoris Baru untuk Apple Watch

Apple Watch Series 3 baru berumur beberapa bulan sejak rilis akhir tahun 2017. Mustinya Apple tidak akan mengenalkan Apple Watch baru dalam waktu dekat atau di ajang WWDC bulan September mendatang.

Beragam prediksi paling memungkinkan untuk Apple Watch adalah banyak aksesoris baru yang akan diberikan di tahun ini. Mulai dari Apple Watch Bands alias strap Apple Watch atau mungkin dalam bentuk lainnya. Salah satunya yang akan rilis dalam waktu dekat adalah AirPower dan AirPods case generasi 2 yang mendukung Wireless Charging.

4. MacBook Baru?

Komputer Mac portabel dengan ukuran paling kecil yaitu 12 inci, pertama kali dikenalkan pada tahun 2015. Update pertama di tahun 2016 dan kedua di tahun 2017 memberikan perubahan sangat minor untuk bagian CPU dan penambahan warna Rose Gold saja.

Jika memang tahun ini ada MacBook 12 inci baru, harusnya Apple juga hanya akan mengganti CPU saja, menggunakan Intel generasi baru – Kaby Lake. Beberapa rumor juga menyebutkan bahwa cepat atau lambat, Apple akan menambahkan Face ID di perangkat komputer Mac. Namun saya yakin waktu itu bukanlah tahun ini, mungkin masih perlu setahun lagi atau bahkan lebih. Bagaimana pendapat kamu?

5. iOS 11.3 dan iOS 12

Update iOS 11.3 yang menjanjikan fitur Heatlh Battery untuk pengguna iPhone 6 dan iPhone 6s akan segera rilis di Maret 2018. Fitur dan perbaikan lain yang juga sedang dipersiapkan oleh Apple adalah Animoji baru untuk pengguna iPhone X, perbaikan dan peningkatan kestabilan sistem serta iCloud Single Sign On dan juga peningkatan mode Privacy.

Saat ini update iOS 11.3 masih diuji coba oleh Apple dan dapat diunduh oleh pengembang di Apple Developer dan juga pengguna umum melalui Apple Beta Program.

Sedangkan iOS 12 akan dikenalkan pada WWDC 2018 yang kabarnya akan diselenggarakan pada tengah tahun. Beberapa rumor juga menyebutkan bahwa iOS 12 akan fokus pada perbaikan kestabilan sistem dan mengurangi sejumlah fitur baru, menggesernya ke tahun depan. Beberapa fitur baru yang kabarnya tidak hadir tahun ini adalah Homescreen baru, mode manajemen foto dan video yang lebih mudah serta beberapa lainnya.

Mana yang Paling Kamu Tunggu?

Dari daftar di atas, apa saja produk Apple terbaru yang paling kamu tunggu? Apakah iPhone generasi baru berukuran 6.5 inci atau mungkin produk Apple lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!

sumber